Belajar dan terus belajar , hingga liang lahat..__^_^__

Just Motivation "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)"

Sejarah BI (Business Intelligence)

Dalam sebuah artikel 1958, peneliti IBM Hans Peter Luhn menggunakan istilah intelijen bisnis. Dia mendefinisikan kecerdasan sebagai “kemampuan untuk menangkap keterkaitan dari fakta-fakta yang disajikan sedemikian rupa untuk membimbing tindakan ke arah tujuan yang dikehendaki.”

Pada tahun 1989 Howard Dresner (kemudian seorang analis Gartner Group) mengusulkan BI sebagai payung istilah untuk menggambarkan “konsep-konsep dan metode untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan menggunakan dukungan berbasis fakta-sistem.” Tidak sampai akhir tahun 1990-an bahwa penggunaan ini tersebar luas.

Business intelligence dan data warehousin
Aplikasi data BI berasal dari data warehouse atau data mart. Namun, dak semua aplikasi business u intelegence memerlukan data warehouse.

Bisnis intelijen dan analisis bisnis
Thomas Davenport telah berpendapat bahwa business itelegnce harus dibagi ke dalam query, pelaporan, OLAP, atau sebuah “tanda” alat, dan analisis bisnis


Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: