Belajar dan terus belajar , hingga liang lahat..__^_^__

Just Motivation "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)"

Hukum dan Ham di negeriku indonesia tercinta

Assalamu alaikum wr.wb

Hukum  dan Ham di negeriku indonesia tercinta

Hukum dan ham dinegeriku indonesia tercinta, saat ini mengalami pasang surut yang luar biasa. Kebobrokan hukum ini merupakan musibah dan penyakit yang sangat berbahaya bagi generasi muda penerus bangsa. Efek dan dampaknya dapat  dirasakan selama berabad-abad.

Hukum merupakan tumpukan data dan dokumen  yang telah disetujui dan disepakati dalam sebuah musyawara sejatinya tidak hanya memjadi bahan bacaan dan hafalan semata tetapi harus ditegakkan dan diaplikasikan.Seringkali penegakan hukum lebih ditekankan kepada rakyat kecil saja sebagai salah satu objek dari hukum, tetapi tidak bagi mereka yang membuat dan mengawasi jalannya hukum tersebut. Hukum terasa hambar dan hampa jika tidak ditegakkan secara adil dan merata. Hukum yang seharusnya mengayomi, melindungi yang didzalimi, menyelamatkan  yang benar jadi tidak patut untuk dikotori dan rusak.

Abad 21 ini  tepatnya tahun 2011 negeriku ini benar – benar mendapatkan ujian yang berat dimana hukum tidak untuk mengayomi dan melindungi tetapi hanya  menjadi bahan bacaan dan hafalan semata. Mereka yang membuat dan mengawasi hukum justru mengotori hukum dengan  cara-cara yang kurang bijak.

Hatiku miris melihatnya penegakan hukum dan ham di negeriku indonesia tercinta ini, saya merasa malu dan tidak lagi bangga menjadi anak bangsa dan orang indonesia. Saya pun yakin  tidak hanya saya yang merasa miris melihat kejadian tersebut, tetapi siapa saja dari anak bangsa ini yang menyaksikan berita-berita yang ada media eletronik seperti tv, radio dan internet, serta media cetak seperti koran dan majalah,  pasti Merasa tidak bangga lagi menjadi anak indonesia dan tidak lagi percaya  kepada penegak dan pengawas  hukum alias pemerintah,  akibat hancurnya penegakan hukum di negeriku Indonesia tercinta ini. Tetapi apa daya tangan tak sampai, mudah-mudahan melalui even ini,  melalui tulisan ini saya dapat mencurahkan isi hati saya mengenai hukum di negeriku indonesia tercinta ini.

Karena diantara sekian juta bahkan ratusan juta  anak bangsa di negeriku Indonesia tercinta ini.  Aku melihat masih ada orang-orang yang memilki etikad baik, yang menginginkan perubahan yang melihat masih ada harapan untuk hari esok yang lebih baik, maka saya pun akan belajar ikut andil didalamnya dengan memberikan  kutitipkan beberapa tips untuk memperbaiki penegakan hukum yang sudah terlanjur hancur di negeriku Indonesia tercinta ini yaitu :

  1. Kepada semua saudaraku anak bangsa teruslah berkarya dan bekerja keras karena Indonesia memanggil kita, ingat negeri kita masih ada harapan, jangan perna menyerah dan putus asa. (even ini merupak salah satu mediatornya, di negeri ini banyak orang yang bisa berkomentar tetapi pendapat mereka kurang dihargai, mudah-mudahan melalui komentar ini semua bisa menyumbangkan ide-ide kreatifnya, yang  bisa untuk melakukan perubahan Indonesia yang lebih baik ), Allahu Akbar
  2. Kepada  para guruku dan orang tua, lakukanlah pembinaan (mentoring/tarbbiya) secara berkesinambungan kepada generasi muda, banyak dari kaulah muda yang ingin melakukan perubahan tetapi tdak tahu mediatornya, tidak ada yang menyemangati oleh karena itu dibutuhkan peran para orang tua untuk membuka alam bawa sadar dan wawasan para kaula muda tersebut untuk bangkit memperbaiki negeri ini.
  3. Kurikulum di SD, SLTP, dan SMU harus ada pelajaran hukum dan ham, jadi pembelajaran hukum sejak dini. (terus terang saya belajar hukum paten dan merk setelah dibangku kulia, jadi ilmunya sangat kurang) sehingga anak bangsa Indonesia tidak orientasi karya karena wawasan hukumnya kurang, mereka mungkin bisa berkarya tapi mereka tidak tahu aturan hukumnya seperti apa.
  4. Penegakan hukum harus merata dan adil
  5. Terutama kepada para polisi lalu lintas sebagai  penegak hukum, seharusnya mengayomi/ mengingatkan kalau ada kesalahan bukan mencari rupiah. Selama ini  yang terjadi ya mereka hanya mencari rupiah, kapankah itu bisa berakhir,,?? Tergantung pemimpinnya. Kalau perlu ada hukum untuk polisi lalu lintas
  6. Penegak Hukum sejatinya bersahabat dan bersifat mengayomi bukan untuk menyiksa, dan menyakiti rakyatnya
  7. Contoh penegakan hukum islam yang lebih bersahabat dan menyelematkan
  8. Penegakan hukum dimulai dari yang membuat dan yang mengawasi jalannya hukum
  9. Adakan sosialisasi hukum dari pimpinan tertinggi sampai seluru anak bangsa terutama kalangan muda agar mereka tahu dan sadar akan hukum.
  10. Sanksi ditegakkan bukan dibayar dengan sogokan.

Demikian wassalamu alaikum wr.wb

Semoga bermanfaat

Lahuddin/ 0852 5558 5545    

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: